Rabu, 21 Maret 2012

Taman Bunga Nusantara yang Mempesona


Menjejakkan kaki di tempat baru, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke beberapa objek wisata yang ada. Tentunya itu juga yang kulakukan, jalan-jalan untuk mengisi akhir pekan di tempat tinggalku yang baru. Edisi kali ini juga spesial sebagai hadiah ulang tahunku dari suami. Duh romantisnya hehehe… 

Kali ini kita jalan-jalan ke taman bunga. Bukan sembarang taman bunga dengan beberapa petak tanaman saja lho, melainkan berpuluh hektar luasnya. Tepatnya terletak di Desa Kawungluwuk Kecamatan Sukaresmi Cipanas-Cianjur. Taman bunga ini diresmikan kurang lebih 17 tahun yang lalu, pada tanggal 10 September 1995 oleh Presiden Soeharto. Dengan berbagai macam koleksi tanaman dari dalam dan luar negeri, taman ini menjadi taman berskala internasional. Indonesia ternyata hebat juga kan :)

Begitu memasuki gerbang utama, kita akan disambut oleh patung angsa hitam yang sangat besar di depan taman. Angsa ini merupakan maskot taman bunga nusantara yang melambangkan bahwa tanaman-tanaman yang ada di taman ini haruslah memiliki daya tahan yang kuat, mudah beradaptasi dengan lingkungan dan berkembang dengan baik walaupun berada jauh dari habitat aslinya.


Kekaguman kita akan semakin bertambah setelah melewati pintu masuk area taman. Dimana terdapat burung merak raksasa yang tersusun dari beribu-ribu bunga. Tercatat ada 80.000 bunga yang menyusun tubuh dan ekor merak tersebut. Tidak hanya merak saja, tetapi ada pula binatang lain seperti jerapah, kelinci, dan angsa, yang semakin menambah keindahan taman. Ada juga jam tamannya lho, yang pastinya juga tersusun dari bunga :)




 

Disini juga terdapat beberapa miniatur taman dunia. Ada Taman Perancis, Taman Amerika, Taman Mediterania, dan Taman Jepang. Tentunya taman-taman ini memiliki ciri khas tersendiri. Taman Perancis misalnya, tersusun secara geometris dengan pangkasan perdu yang pendek. Konon bentuk taman seperti ini melambangkan penguasaan manusia terhadap alam. Lain halnya dengan Taman Jepang, disini kita akan melihat taman dengan gazebo di pinggir kolam dan tanaman yang dipangkas rapi dan berpola di sekitarnya.



Untuk kita yang cinta Indonesia, tenang saja, ada Taman Bali disini. Taman ini menampilkan berbagai macam tanaman tropis dan bangunan khas Indonesia, khususnya Bali, seperti Gapura, Bale Bengong dan Kul-kul. Suasana di taman ini benar-benar membuat nyaman, selain karena tumbuh-tumbuhannya yang lebat dan rimbun, mungkin karena kita juga merasa seperti di rumah sendiri hehehe…


Lokasi taman tidak hanya itu saja lho, dengan luas 23 hektar, masih banyak area-area yang wajib kita kunjungi disana. Ada taman air, taman bunga mawar, taman palem, air mancur musikal, danau angsa dan rumah kaca. Kalau tidak sempat mengunjungi satu per satu tempat-tempat tersebut dengan jalan kaki, kita bisa melihatnya melalui menara pandang. Disini kita bisa melihat seluruh taman dengan jelas. Tetapi kalau mau yang lebih puas lagi, kita bisa menaiki Dotto Train atau Garden Tram, yang mengajak kita berkeliling seluruh area taman dengan tiket Rp 25.000/orang..



Ups ada yang kelupaan. Bagi kita yang suka misteri dan petualangan, ada Taman Labyrinth disini. Luas taman ini 1 hektar dengan liku-liku jalan yang bisa membingungkan. Bagi yang berhasil sampai ke tengah taman, maka kita akan menemukan sebuah taman kecil yang indah. 


Tahukah kalian? Aku menemukan ini di suatu taman teman-teman ^_^ Coba tebak dimana? 

 

 Jawabannya rahasia... Jadi selamat mencari dan semoga liburan kalian menyenangkan :)

2 komentar:

  1. please support me, like my page FB and follow on networkedblog... :D

    BalasHapus
  2. assalamualaikum wr wb,
    subhanallah serunya jalan-jalan di taman bunga nusantara ini,
    kalo boleh tau, itu pohon yang bertuliskan I love U dimana ya tempatnya? #males nyari, hehe ..

    BalasHapus